BMW G310 R : Sepeda Motor cc Kecil Pertama Dari BMW

Lupakan sejenak tentang ciri khas dari motor BMW yang biasanya dibayangkan sebagai motor kekar, tangguh, ukuran fullsize, & kapasitas silinder yang besar. Karena di penghujung tahun 2015 ini ternyata mereka resmi merilis produk dengan kapasitas silinder dibawah 500cc dan menjadikannya sebagai varian “terkecil” dalam jajaran produk sepeda motor BMW.
image

Adalah BMW G310 R, naked roadster bike yang terlihat lebih konvensional dari sepeda motor BMW umumnya.

DESAIN

Sangat terkesan sebagai city bike dengan bentuk ala streetfighter yang terlihat padat bagian depan, mungkin karena disain tangki & shroud yang lumayan besar ya. Abaikan part lain dulu, “Khususnya” untuk Indonesia disain BMW ini malah terkesan standar dan biasa saja kalo gak mau dikatakan Byson banget :-P. 

Headlamp depan terlihat sangat keren, membentuk segitiga terbalik dengan penampang yang tidak terlalu lebar. Mengingatkan desain headlamp MT-series dari Yamaha. 
image

MESIN

Mesin 4-tak silinder tunggal DOHC berkapasitas 313cc dengan pendingin cairan diklaim mampu menghasilkan output power hingga 34hp di 9,500 rpm & torsi maksimum 28 Nm di 7,500 rpm. Topspeed diklaim bisa mencapai 145 km/h lumayaaaan… Keunikan BMW pada mesin ternyata tetap keluar meski di silinder tunggal ini, konvigurasi mesin berbalik 180Derajat dengan intake manifold bagian depan & output ke eshaust bagian belakang mesin. Diklaim dapat menjadikan titik gravitasi maksimal pada bagian depan hingga berefek pada kelincahan handlingnya. 
image

BMW bekerja sama dengan TVS Group dari INdia untuk membangun G310 R ini, jadi tidak heran desainnya khas India biasanya & berkesan agak kurang-kurang Eropa gitu :mrgreen:. Dipasarkan dipertengahan 2016 dengan harga yang masih belum bisa ditentukan. Tapi kita pasti tahu lah ya brand BMW getoo jangan harap harganya sama dengan motor lain di cc sekelasnya.

Apakah akan masuk market Indonesia apa kagak yang pasti bakalan sulit jika menargetkan jumlah disini, karena konsumen kita unik. Dimana beli motor besar ya pengennya beda segalanya, baik desain & jumlah silinder lebih dari satu masih segalanya. Kecuali brand Minded BMW yang sangat kuat disini bahwa apa saja kalo merknya BMW dipastikan mewah & berkelas.
image
image

image

SPESIFIKASI

Engine Type  : Water-cooled, single-cylinder 4-stroke engine, four valves, two overhead camshafts, dry sump lubrication
Bore x stroke : 80 mm x 62,1 mm
Capacity         : 313 ccm
Rated output :25 kW (34 PS) at 9500 U/min (ECE Version)
Max. torque   : 28 Nm at 7500 U/min
Compression ratio   : 10,6 : 1
Mixture control / engine management : Electronic fuel injection, BMS-E2
Emission control      : Closed-loop 3-way catalytic converter, emission standard EU-4
Maximum speed        : 145 km/h
Consumption w.r.t   : WMTC for 100km 3,3 l
Fuel type                      : Unleaded super, minimum octane rating 95 (RON)
Alternator                   :  Alternator 330 W
Battery                         : 12 V / 8 Ah, maintenance free
Clutch                          : Multiple-disc clutch in oil bath, mechanically operated
Gearbox                       : Synchromesh 6-speed transmision Integrated in the motor housing.
Drive                            : Endless O-ring chain with shock damping in rear wheel hub
Frame                           : Bolted steel frame, drive unit load-bearing, tubular steel rear frame.
Front wheel location / suspension : Upside down fork , Ø 41 mm
Rear wheel location / suspension   : Solid die-cast aluminum swingarm, directly hinged monoshock, adjustable preload
Suspension travel front / rear          :  140 mm / 131 mm
Wheelbase                                              : 1,374 mm
Castor                                                       :  102,3 mm
Steering head angle                             : 64,9°
Wheels                                                     : Cast aluminium wheels
Rim, front                                               :  3.0 x 17″
Rim, rear                                                 :  4.0 x 17″
Tyres, front                                            :  110/70 R 17
Tyres, rear                                               : 150/60 R 17
Brake, front                                            : Single disc, diameter 300 mm, 4-piston fixed caliper, radially bolted
Brake, rear                                              :  Single disc, diameter 240 mm, single-piston floating caliper
ABS                                                           : BMW Motorrad ABS
Length                                                     : 1.988 mm
Width                                                       :  896 mm
Height                                                      : 1.227 mm
Seat height                                             : 785 mm
Inner leg curve                                      : 1.785 mm
Unloaded weight, road ready, fully fuelled : 158,5 kg
Dry weight
Permitted total weight                       : 345 kg
Payload (with standard equipment)              : 186,5 kg
Usable tank                                            : volume 11 Litres
Reserve                                                    :  1 Litre

Iklan

4 thoughts on “BMW G310 R : Sepeda Motor cc Kecil Pertama Dari BMW

  1. andhi_125 18/11/2015 / 07:55

    apik, foto paling atas, siluet dan makna-nya dapet banget

    Suka

    • wongserut 18/11/2015 / 13:10

      Huwapik ancen… sayang bukan saya modelnya:lol:

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s