Sering denger dari temen pemilik baru Ninja 2T tersebut bilang begitu. Sering ngempos di tanjakan panjang apalagi yang curam kejadian dimana loss power & mesin serasa mau mati. Maunya di gas gede terus (high rpm). Ane awal-awal bawa ninja juga gitu, sangat beda karakternya sama si meggy dulu, sangat pede dibuat tanjakan apapun serasa enteng.
Sebenarnya bukan masalah tenaga karena semua juga tahu tentang performa motor tersebut. Lebih mungkin settingan Ninja 2t yang lebih diperuntukkan untuk akselerasi & speed. Bukan karena mesin 2tak-nya lho.. kenapa??, tuh kita lihat di daerah pinggiran masih banyak pengguna motor ngebul buat aktivitas naik-turun gunung, adapula yang disulap jadi Trail jadi-jadian. Contoh : F1z-R, Rx-king, Tornado, satria-120 dll. Ini membuktikan kalo mesin 2tak cukup mumpuni. Tapi Ninja kok jarang??.
Balik lagi ke tujuan motornya adalah untuk para speedfreak, jadi di setting power maksimal berada di kisaran rpm menengah sampai atas. Ini terlihat dari teknologi Superkips yang dipasang pada motor ini, dimana saat rpm menyentuh angka 7000-an dijamin langsung melesat serasa liar tak terkendali. Dimana ada keunggulan, disitu pulalah ada titik lemahnya yaitu sedikit molor untuk tanjakan curam. Tapi sebenarnya bukan masalah besar kalau kita bisa menyiasatinya, seperti:
● Bersiap-siap dengan kecepatan yang sedang dari jauh sebelum menanjak.
● Pastikan sebelum naik tanjakan curam rpm sudah dipanteng di atas 5ribuan.
● Segera kurangi gear bila tanjakan terlihat ramai, jadi gear rendah rpm tinggi.
● Bila kecepatan kita rendah sebaiknya pake gear 1 saja, soalnya gear 2 jika kecepatan tidak sampai 40km/jam dipastikan akan ngempos.
Di awal-awal mungkin sulit, tapi bila kita sudah sering mengendarai pasti sudah hafal gimana karakter motor kita sehingga bisa menyiasatinya. Maklum daerah ane dikelilingi daerah pegunungan 😉 . Jadi bukan lemot karena masih 2tak, tapi karena Ninja 2t diperuntukkan bagi penyuka kecepatan. Jika sudah rpm tinggi tanjakan seperti apapun juga mudah dilibas kok ( asal jalan raya/ aspal )
Semoga berguna bagi rekan-rekan penunggang si Superkips jadoel semua. Salam ngebul pas manasi saja 😀
gear-nya gedein biar nanjak enteng dan ngak nyiksa mesin bro
SukaSuka
Itu diaa… tapi ngorbanin speed 😉
SukaSuka
ban belakang bikin ring 17 pakai pelg almu ring jari2, karbu seting irit biar cepat teriak,ngak ganti sproket jg sdah ringan nanjak.
SukaSuka
Ajiib kang pernah nyoba dulu,tapi ini sekarang pengen aliran sutandariyah aja 😀
SukaSuka
ya begitulah ninja,,,apalagi kl boncengan,,,,ngeden dl kang..
krn gear blkgnya cm 42 & peruntukanya mmg utk jln datar.
SukaSuka
Yahh emang karakter motornya berarti,
Kalo uda terbiasa gk masalah kok 😉
SukaSuka
Iya gk mslh,,tp lmyn jg bensinya kl nanjak curam
😀
SukaSuka
Sudah ketetapannya…
Resiko pemilik 😛
SukaSuka
Kl dasarnya udah seneng y mo dblg boros kek,brisik kek,jadul kek ,tdk bakal ngaruh
😀
SukaSuka
Benerrr kang, motor semi-hobi soalnya.
Cari motor 4T performa tinggi, harga & perawatannya yg kurang bersahabat 😉
SukaSuka
Lereesss….
SukaSuka
Josss….. keep trengtingting.. 😉
SukaSuka
Setengah kopling naikin rpm…
SukaSuka
Itu kalo buat tanjakan tajam sajahh
SukaSuka
owch….ternyat begitu, maklum belum pernah test ride Ninin 2-tak 😉
SukaSuka
Cepetan testride sebelum punah
SukaSuka
Hahaha….gak poenya 😉
SukaSuka
Puinjem juga bissa laah
SukaSuka
Masudnya gak poenya temen yang ada dipinjemin disini 😉
SukaSuka
Kesini saja sepuasnyahh
SukaSuka
Hahaha, nah itu kalau keMalang timmingnya pasti kurang tepat….#Sebenere sering melintas malang 😉
SukaSuka
Mesti kurang tepatnya soalx rumah ay malang selatan,
Arah lumajang 😉
SukaSuka
waaw….tambah adoh…hiksss 😦
SukaSuka
Nguihihih…
SukaSuka
ooo gt ya??!?(manggut2)
SukaSuka
Iy@ dunkz… ( @Lay m0de )
SukaSuka
Baru aja cek di website KMI, spesifikasi power maksimal Ninja 150 adalah 30,1 PS/10.500 rpm dan torsi 21,6 Nm/9.000 rpm. Untuk tanjakan biasanya perlu torsi yang yahud, tapi untuk mendapatkan torsi maksimal, mesin Ninja 150 harus dipelintir di 9.000 rpm. Wajar kalau ngempos di tanjakan.
==================
Perbedaan Motor Motocross, Enduro, Dual Sport, dan Motard http://klxadventure.com/2014/10/14/perbedaan-motor-motocross-enduro-dual-sport-dan-motard/
SukaSuka
La iya itu om, mintanya gas gede alamat boross
enakan buat datar” aja deh 🙂
SukaSuka
2tak torsinya kurang nampol buat tanjakan…biasanya daerah gunung kebanyakan motornya GL series..
SukaSuka
Peruntukanya buat speed
Naah itu, kebanyakan emang Honda buat nanjak” enak 😉
SukaSuka
njemur ah
SukaSuka
Monggo” masih puanjang tali jemurannya 😀
SukaSuka
memang seperti itu om karakter motor 2 tak.. kalau jln2 menanjak dengan kubikasi yg sama motor 4 tak masih lbh nampol buat nanjak..
SukaSuka
Iya emang om, cuma gas dikit langsung narik kalo 4t. Nyesel megys0n dijual padahal bisa buat pendamping 😦
SukaSuka
Wahh baru tau saya
Mungkin settingan gearnya buat ngutamain speed
SukaSuka
Naah sekarang udah tahu kan,
Benerr lik
SukaSuka
Wahh baru tau saya
Mungkin settingan gearnya buat ngutamain speed
SukaSuka
Double” 😉
SukaSuka
spesialis ngebut
SukaSuka
Jellass…. 😉
SukaSuka
Beli KLX250 aja…
SukaSuka
Clegukkk….
SukaSuka
bisa di tes di jalur pantai selatan Tempursari-Pasirian… 😀
SukaSuka
Waduhhh, apakah se.ekstrim Lebakharjo???
SukaSuka
Trek nanjak.e lebih panjang bro…
SukaSuka
Alamat bensin ngucur derass
SukaSuka
Hehehe…iyo.
SukaSuka
Ngerti lebakharjo ta??iku desaku…mampir pisan nang omahku bro hehehe.
SukaSuka
Tiap tahun mesti mrunu, soale nduwe dulur neng Tempursari 😉
SukaSuka
Oalah…yo mesti ngliwati omahq…
SukaSuka
Ooh ssip kapan” mampir aah 😉
SukaSuka
Siipp…monggo…
SukaSuka
Josss… 😀
SukaSuka
Kalo tanjakan mulus dan lurus sih bisa ambil ancang-ancang, tapi kalo tanjakan macet wah sengsara dan ngempos
SukaSuka
Motor sempurna dmn saja itu cbr250, torsi maut, speed maut, tanjakan maupun datar, apalagi yg abs, maknyus.
SukaSuka