Kok Ninja 2Tak Sedikit Lemot Buat Tanjakan???

Sering denger dari temen pemilik baru Ninja 2T tersebut bilang begitu. Sering ngempos di tanjakan panjang apalagi yang curam kejadian dimana loss power & mesin serasa mau mati. Maunya di gas gede terus (high rpm). Ane awal-awal bawa ninja juga gitu, sangat beda karakternya sama si meggy dulu, sangat pede dibuat tanjakan apapun serasa enteng.

image

Sebenarnya bukan masalah tenaga karena semua juga tahu tentang performa motor tersebut. Lebih mungkin settingan Ninja 2t yang lebih diperuntukkan untuk akselerasi & speed. Bukan karena mesin 2tak-nya lho.. kenapa??, tuh  kita lihat di daerah pinggiran masih banyak pengguna motor ngebul buat aktivitas naik-turun gunung, adapula yang disulap jadi Trail jadi-jadian. Contoh : F1z-R, Rx-king, Tornado, satria-120 dll. Ini membuktikan kalo mesin 2tak cukup mumpuni. Tapi Ninja kok jarang??.

Balik lagi ke tujuan motornya adalah untuk para speedfreak, jadi di setting power maksimal berada di kisaran rpm menengah sampai atas. Ini terlihat dari teknologi Superkips yang dipasang pada motor ini, dimana saat rpm menyentuh angka 7000-an dijamin langsung melesat serasa liar tak terkendali. Dimana ada keunggulan, disitu pulalah ada titik lemahnya yaitu sedikit molor untuk tanjakan curam. Tapi sebenarnya bukan masalah besar kalau kita bisa menyiasatinya, seperti:

● Bersiap-siap dengan kecepatan yang sedang dari jauh sebelum menanjak.

● Pastikan sebelum naik tanjakan curam rpm sudah dipanteng di atas 5ribuan.

● Segera kurangi gear bila tanjakan terlihat ramai, jadi gear rendah rpm tinggi.

● Bila kecepatan kita rendah sebaiknya pake gear 1 saja, soalnya gear 2 jika kecepatan tidak sampai 40km/jam dipastikan akan ngempos.

Di awal-awal mungkin sulit, tapi bila kita sudah sering mengendarai pasti sudah hafal gimana karakter motor kita sehingga bisa menyiasatinya. Maklum daerah ane dikelilingi daerah pegunungan 😉 . Jadi bukan lemot karena masih 2tak, tapi karena Ninja 2t diperuntukkan bagi penyuka kecepatan. Jika sudah rpm tinggi tanjakan seperti apapun juga mudah dilibas kok ( asal jalan raya/ aspal :mrgreen: )

Semoga berguna bagi rekan-rekan penunggang si Superkips jadoel semua. Salam ngebul pas manasi saja 😀

Iklan

55 thoughts on “Kok Ninja 2Tak Sedikit Lemot Buat Tanjakan???

  1. sof 14/10/2014 / 07:05

    gear-nya gedein biar nanjak enteng dan ngak nyiksa mesin bro

    Suka

  2. arifudin 14/10/2014 / 07:11

    ban belakang bikin ring 17 pakai pelg almu ring jari2, karbu seting irit biar cepat teriak,ngak ganti sproket jg sdah ringan nanjak.

    Suka

    • wongserut 14/10/2014 / 07:36

      Ajiib kang pernah nyoba dulu,tapi ini sekarang pengen aliran sutandariyah aja 😀

      Suka

  3. ninja150ss 14/10/2014 / 07:50

    ya begitulah ninja,,,apalagi kl boncengan,,,,ngeden dl kang..

    krn gear blkgnya cm 42 & peruntukanya mmg utk jln datar.

    Suka

    • wongserut 14/10/2014 / 12:56

      Yahh emang karakter motornya berarti,
      Kalo uda terbiasa gk masalah kok 😉

      Suka

      • ninja150ss 14/10/2014 / 15:02

        Iya gk mslh,,tp lmyn jg bensinya kl nanjak curam
        😀

        Suka

      • wongserut 14/10/2014 / 17:26

        Sudah ketetapannya…
        Resiko pemilik 😛

        Suka

      • ninja150ss 14/10/2014 / 17:45

        Kl dasarnya udah seneng y mo dblg boros kek,brisik kek,jadul kek ,tdk bakal ngaruh
        😀

        Suka

      • wongserut 14/10/2014 / 18:04

        Benerrr kang, motor semi-hobi soalnya.
        Cari motor 4T performa tinggi, harga & perawatannya yg kurang bersahabat 😉

        Suka

      • wongserut 14/10/2014 / 18:45

        Josss….. keep trengtingting.. 😉

        Suka

      • potretbikers 14/10/2014 / 13:03

        Masudnya gak poenya temen yang ada dipinjemin disini 😉

        Suka

      • potretbikers 14/10/2014 / 13:06

        Hahaha, nah itu kalau keMalang timmingnya pasti kurang tepat….#Sebenere sering melintas malang 😉

        Suka

      • wongserut 14/10/2014 / 17:25

        Mesti kurang tepatnya soalx rumah ay malang selatan,
        Arah lumajang 😉

        Suka

  4. KLX Adventure 14/10/2014 / 20:03

    Baru aja cek di website KMI, spesifikasi power maksimal Ninja 150 adalah 30,1 PS/10.500 rpm dan torsi 21,6 Nm/9.000 rpm. Untuk tanjakan biasanya perlu torsi yang yahud, tapi untuk mendapatkan torsi maksimal, mesin Ninja 150 harus dipelintir di 9.000 rpm. Wajar kalau ngempos di tanjakan. :mrgreen:

    ==================

    Perbedaan Motor Motocross, Enduro, Dual Sport, dan Motard http://klxadventure.com/2014/10/14/perbedaan-motor-motocross-enduro-dual-sport-dan-motard/

    Suka

    • wongserut 14/10/2014 / 20:10

      La iya itu om, mintanya gas gede alamat boross
      enakan buat datar” aja deh 🙂

      Suka

  5. uyipmotoblog 14/10/2014 / 21:42

    2tak torsinya kurang nampol buat tanjakan…biasanya daerah gunung kebanyakan motornya GL series..

    Suka

    • wongserut 14/10/2014 / 21:47

      Peruntukanya buat speed

      Naah itu, kebanyakan emang Honda buat nanjak” enak 😉

      Suka

    • wongserut 14/10/2014 / 21:48

      Monggo” masih puanjang tali jemurannya 😀

      Suka

  6. vixioner007 15/10/2014 / 06:39

    memang seperti itu om karakter motor 2 tak.. kalau jln2 menanjak dengan kubikasi yg sama motor 4 tak masih lbh nampol buat nanjak..

    Suka

    • wongserut 15/10/2014 / 06:47

      Iya emang om, cuma gas dikit langsung narik kalo 4t. Nyesel megys0n dijual padahal bisa buat pendamping 😦

      Suka

  7. arda 17/10/2014 / 09:18

    Beli KLX250 aja…

    Suka

  8. anangcozz 10/11/2014 / 09:26

    bisa di tes di jalur pantai selatan Tempursari-Pasirian… 😀

    Suka

      • anangcozz 10/11/2014 / 13:03

        Trek nanjak.e lebih panjang bro…

        Suka

      • wongserut 10/11/2014 / 17:18

        Alamat bensin ngucur derass

        Suka

      • anangcozz 10/11/2014 / 13:05

        Ngerti lebakharjo ta??iku desaku…mampir pisan nang omahku bro hehehe.

        Suka

      • wongserut 10/11/2014 / 17:19

        Tiap tahun mesti mrunu, soale nduwe dulur neng Tempursari 😉

        Suka

      • anangcozz 10/11/2014 / 17:22

        Oalah…yo mesti ngliwati omahq…

        Suka

      • wongserut 10/11/2014 / 17:29

        Ooh ssip kapan” mampir aah 😉

        Suka

  9. Kadir Amin 23/07/2015 / 12:12

    Kalo tanjakan mulus dan lurus sih bisa ambil ancang-ancang, tapi kalo tanjakan macet wah sengsara dan ngempos

    Suka

  10. suzuki 19/04/2016 / 07:25

    Motor sempurna dmn saja itu cbr250, torsi maut, speed maut, tanjakan maupun datar, apalagi yg abs, maknyus.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s