All New Ninja ZX-10R 2016, Makin Kompleks Demi Mempertahankan Dominasi Sebagai Raja Superbike

Tahun ini adalah tahunnya Kawasaki dimana mereka mendominasi ajang balap kelas dunia yaitu world superbike. Dengan senjata andalan mereka Kawasaki Ninja ZX-10R yang dipegang duet Tom Sykes & Jonathan Rea yang saat ini berhasil mengacak-acak kelas utama superbike dan menjadikannya juara dunia. Demi mempertahankan gelar dan dominasinya Kawasaki tidak berdiam diri saja, mereka terus menyempurnakan Ninja ZX-10R hingga lahirlah All New Ninja ZX-10R 2016 sebagai hasil dari penelitian selama di trek balap beberapa musim terakhir. New Ninja ini lebih berorientasi balap dengan update yang lumayan signifikan, mulai dari peningkatan performa, handling, serta desain yang disesuaikan agar lebih optimal saat dipakai di trek. Apa saja sih yang baru disini mari kita kupas satu persatu.
image

DESAIN

Desain All New Ninja ZX-10R 2016 ini berubah lebih “kalem”, tidak setajam seri sebelumnya yang terlihat sangat agresif dan memanjang dengan buritan mungil. Desain baru terlihat lebih bujel alias bantet, lebih pendek sehingga sangat kompak saat dipakai meliuk-liuk melahap tikungan.
image

MESIN

Mesin berkapasitas 998cc Dengan update terbaru yang berfokus menambah peak power serta menambah akselerasi pada putaran bawah-menengah, pembaharuan meliputi :
• Silinder & silinder head
• Katup pembuangan yang baru
• Disain camshaft baru
• Ruang bakar
• Piston
• Crankshaft
• Perbandingan Gear Ratio yang disesuaikan
• Sistem pendinginan yang lebih disempurnakan

Ditunjang dengan beberapa part istimewa seperti leher kenalpot titanium, airbox serta filter udara yang lebih besar menjadikan pasokan udara lebih lancar hingga berimbas kepada proses pembakaran yang lebih baik & ujungnya meningkatkan performa . Tidak lupa throttle elektrik dan ECU baru juga disematkan untuk menjaga mesin makin halus namun bertenaga dahsyat.
image

HANDLING

Untuk motor Kawasaki kapasitas kecil sih bukan rahasia lagi kalo handlingnya tidak sebagus competitor merk lain soalnya pernah mencoba sendiri :-D. Tapi bicara superbike pasti lain lah ceritanya meski garis besarnya sama karena ini adalah ciri khas setiap pabrikan. Terlepas dari kekurangan pada masalah handling, pada All New Ninja ini telah disempurnakan signifikan dengan penanaman beberapa komponen kelas atas yang mampu membuatnya semakin mudah untuk “dijinakkan” guna mengeluarkan potensi tenaga secara maksimal, meliputi :
• CHASSIS & Swing Arm Baru : dibangun ulang untuk melewati cornering dengan kecepatan yang lebih tinggi dan belokan yang tajam dengan baik.
• Rem Brembo Terbaru
• Suspensi Showa terbaru yang diadopsi dari World Superbike untuk produksi masal, istimewanya ini adalah yang pertama kali dan hanya tersedia hanya untuk Ninja ZX-10R saat ini.
• Electronic Steering Damper by Ohlins yang performa serta kualitasnya tidak diragukan lagi.
image

TEKNOLOGI

Superbike sekarang bukan melulu jor-joran power berlimpah, tapi teknologi supercanggih juga tak lupa disematkan demi mengimbangi performa yang semakin beringas saat ini, cek beberapa teknologi yang ada pada New Ninja ini apa saja sih :
• BOSCH IMU (Inertia Measurement Unit) : berfungsi untuk memperhitungkan berbagai posisi/angle motor saat berjalan untuk selanjutnya dikombinasikandengan software Kawasaki yang menjadikannya melaju ke level selanjutnya
• KLCM (Kawasaki Launch Control Mode) : 3 mode system yang didesain untuk membantu rider mengopyimalkan akselerasi yang mengatur output power mesin untuk mencegah terjadinya selip dan jumping saat awal start.
• KEBC (Kawasaki Engine Brake Control) : ialah system yang memberikanrider untuk menyetel engine brake sesuai yang d inginkan.
• KQS (Kawasaki Quick Shifter) : menaikkan gigi dengan throttle tetap terbuka tanpa menggunakan kopling saat di trek.
• POWER MODES : rider dapat mensetting power delivery menjadi Full(100%), Middle(80%), dan Low(60%) sesuai kebutuhan.
• S-KTRC (Sport-Kawasaki Traction Control) : Bisa disetel sampai 5 mode untuk untuk untuk membantu rider memaksimalkan kemampuannya
• KIBS (Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brake System) : ABS terbaru yang lebih presisi dalam mengatur tekanan pengereman saat penggunaan maksimal.
• Cornering Management Function : menginput data dari IMU menyediakan fungsi control baru seperti cornering manajemen, dimana dapat membantu rider dalam merekam tikungan yang telah dilewati untuk mencari poisi terbaik di sirkuit (Khusus Ninja ZX-10 ABS KRT)

SPESIFIKASI :
POWER
Engine : 4-stroke, 4 cylinder, DOHC, 4-valve, Liquid-cooled
Displacement : 998cc
Bore x Stroke : 76.0 x 55.0mm
Compression ratio : 13.0:1
Fuel System : DFI® with four 47mm Keihin throttle bodies with oval sub-throttles, two injectors per cylinder
Ignition : TCBI with digital advance and Sport-Kawasaki Traction Control (S-KTRC)
Transmission : 6-speed
Final Drive : Sealed chain
Electronic Rider Aids : Kawasaki Launch Control (KLCS), Kawasaki Intelligent Braking (KIBS), Kawasaki Sport Traction Control (S-KTRC), Kawasaki Engine Braking Control (KEBC), Quick Shifter (KQS)

PERFORMANCE
Front Suspension / Wheel Travel : 43mm inverted Balance Free Fork, adjustable stepless rebound and compression damping, spring preload adjustability/4.7 in
Rear Suspension / Wheel Travel : Horizontal back-link with Balance Free gas-charged shock, stepless, dual-range (low-/high-speed) compression damping, stepless rebound damping, fully adjustable spring preload/4.5 in
Front Tire : 120/70 ZR17
Rear Tire : 190/55 ZR17
Front Brakes : Intelligent Braking (KIBS), Brembo dual semi-floating 330mm discs with dual radial mounted monobloc 4-piston calipers
Rear Brakes : KIBS-controlled, single 220mm disc with aluminum single-piston caliper

DETAILS
Frame Type : Aluminum perimeter
Rake/Trail : 25.0°/4.2 in
Overall Length : 82.3 in
Overall Width : 29.1 in
Overall Height : 45.1 in
Ground Clearance : 5.7 in
Seat Height : 32.9 in
Curb Weight : 454.2 lb**
Fuel Capacity : 4.5 gal
Wheelbase : 56.7 in
Color Choices : Lime Green/Ebony
Warranty : 12 Month Limited Warranty
Kawasaki Protection Plus™ (optional) : 12, 24, 36 or 48 months
image

Bagaimana apakah pemirsa tertarik??? Yang pasti New Ninja ZX-10R ini akan didatangkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia sebagai senjata andalan baru di tahun 2016 jadi siap-siap saja nabung :mrgreen: ( yang beli udah kagak perlu nabung lagi keless…). Kalo saya sih cukup buat wallpaper smartphone atau laptop saja udah cukup untuk saat ini wkwkwkw 😀
image

image

image

image

image

2 respons untuk ‘All New Ninja ZX-10R 2016, Makin Kompleks Demi Mempertahankan Dominasi Sebagai Raja Superbike

Tinggalkan komentar