Alasan Ninja 150 2Tak Tidak Memakai Starter Elektrik

Berawal dari setiap orang yang baru mencoba Ninja 2tak untuk pertama kali pasti heran ketika mau menyalakan mesinnya, yang dituju biasanya langsung ke area panel kanan stang kemudi tapiii… “loh kok gak ada tombol starternya???” sudah pasti itu pertanyaan yang selalu timbul disusul beberapa pertanyaan lain kenapa kok gak dikasih electric starter apa alasannya, disitu berasa banget jadulnya motor saya ini :cry:. Padahal Termasuk kendaraan keluaran baru meski teknologinya usang, membuat orang bertanya-tanya jaman sudah canggih dimana kick starter mulai ditinggalkan lah kok motor ini malah anti kenyamanan alias starter pancal….

image
Gak ada tombol starternya kan

Awal-awal juga sempat kesulitan mencari alasannya, seiring berjalannya waktu setelah lumayan lama memakainya saya bisa simpulkan. Ternyata Kawasaki Ninja 150 2T ini bukannya Bengal ataupun ngirit untuk tidak memakai sistim electric starter tersebut, tapi memang karena factor teknis dari mesin itu sendiri. Sebelumnya perlu pemirsa ketahui  dulu tips untuk menyalakan Ninja 2t ketika lama tidak terpakai di ARTIKEL INI. Nah di artikel tersebut dijelaskan betapa ribetnya motor ini saat menyalakanya pertama kali, ini karena sistim pelumasan mesin 2tak itu sendiri yang menjadikan ruang bakar tidak sebersih mesin 4tak sehingga butuh oli sedikit berlebih. Dan masalahnya pelumasan lebih yang berasal dari oli samping tersebut memaksa busi selalu berlumuran oli yang mengakibatkannya sulit memantikkan api untuk pembakaran.
image

Lebih jelasnya begini, untuk kendaraan bermotor ketika menstarter mesin saat dingin dibutuhkan campuran kaya yaitu bahan bakar banyak, udara sedikit. Disini ruang bakar mesin 2tak jadi terlalu basah karena bahan bakarnya tidak “murni”, maksudnya bahan bakar yang memasuki ruang bakar telah bercampur dengan oli mesin/samping yang ikut terbakar, sehingga untuk mencapai titik bakarnya dibutuhkan suhu yang lebih tinggi dengan dipantik tenaga yang lumayan besar berkali-kali yakni tenaga manusia a.k.a free kick starter pada awalnya :mrgreen:. Beda kan dengan mesin 4tak, bahan bakar lebih murni diruang bakar sehingga saat menstarter dalam kondisi dingin lebih ringan karena tidak ada oli yang ikut campur masuk ke dalamnya.

Sebenarnya ada lho mesin 2t yang benar-benar dilengkapi dengan elektrik starter misalnya seperti Suzuki RC Bravo & Yamaha F1z-R. Tapi ya itu kurang begitu efektif karena hanya bisa dipakai saat suhu mesin benar-benar mencapai suhu normal, intinya tidak bisa lepas dari kick starter/starter manual pokoknya mesin 2tak ini. Nah gimana pemirsa sudah semakin faham kan, yah itulah resikonya memiliki Ninja 2T tapi toh gak masalah kan karena pemilik motor ini pastinya mengutamakan performa, bukan kenyaman….xixixi
.
.
.

SALAM 2 STROKES…..!!!

Iklan

21 thoughts on “Alasan Ninja 150 2Tak Tidak Memakai Starter Elektrik

  1. kusnanto 27/11/2015 / 07:40

    ow pantesan ada tetangga yg ngidupin suzuki RC nya berkali2 dan lola pakai elektrik starter.

    Suka

    • wongserut 27/11/2015 / 11:19

      Berarti sama 2tak nya mesinnya ya
      #eeeh… 😆

      Suka

  2. androbiker 27/11/2015 / 10:14

    yang punya ninja 150 ngumpul.. termasuk ane.. hehehe

    Suka

      • androbiker 27/11/2015 / 23:01

        apalagi ninja 2tak udah stop produksi, makin sayang motornya, makin akur orangnya

        Suka

  3. toretto 01/12/2015 / 11:05

    Aku melok ngumpul ah……klo pas mati di lamer tu nggarai muangkel,pa lgi boncengan sama nyonya.

    Suka

    • wongserut 01/12/2015 / 18:18

      Bener itu, musti menghentak bumi berkali-kali:lol:

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s