Persiapan Trip to Ranokumbolo… (are you ready to the jungle???)

Pemirsa… sekian lama blog mati suri akhirnya update juga, dasar gak konsisten :mrgreen:. Oke daripada nulis alasan gak jelas lebih banyak mending langsung cerita aja deh pengalaman penulis jalan-jalan/ camping ke tempat eksotis yang sangat terkenal di Jawa Timur. Yap… apalagi kalau bukan Ranokumbolo, danau di kaki Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

image


Berada di pinggiran wilayah Kabupaten Lumajang, terletak di ketinggian 2400Mdpl dan hanya dapat dicapai dengan jalan setapak membuat suasana alaminya sangat terjaga. Tidak heran banyak pengunjung atau lebih tepatnya pendaki jauh-jauh dari luar daerah rela bersusah payah demi menikmati keindahan Danau Ranokumbolo datang kemari, bahkan turis mancanegara pun banyak juga loh.

Eits… tapi tunggu dulu, anda tidak bisa mendadak begitu saja pergi kesana tanpa Persiapan yang sangat matang jauh hari sebelumnya. Kenapa???… ya namanya mendaki gunung, menjelajah hutan sudah pasti diperlukan stamina, perlengkapan, & perbekalan yang cukup sesuai rencana kita bermalam.

Pertama yakni stamina. Persiapkan fisik sebaik mungkin, olahraga rutin seperti jogging atau bersepeda tiap hari minimal seminggu sebelum pendakian. Yang penting olahraga yang bisa memperpanjang nafas dan melatih kaki. Karena perjalanan mendaki dengan jalan setapak bisa memakan waktu 4-5jam/lebih tergantung stamina. Belum lagi beban berat di pundak karena harus membawa carrier /ransel besar berisi perbekalan & perlengkapan kita.

image

Kedua, perlengkapan yang harus dibawa. Awalnya Wong’s juga nggak faham apa saja sih perlengkapannya, dibantu teman yang sudah berpengalaman serta saran dari tempat persewaan ( yup saya menyewa nih kan kagak sering camping 😀 ). Berikut list yang wajib dibawa :

Tenda : tempat bermalam utama, sebaiknya pilih yang double layer karena hawa disana sangat dingin bahkan hingga minus derajat celcius, kapasitas sesuaikan jumlah anggota kita.

Sleeping bag : kantong tidur praktis untuk penghangat, selimut juga boleh tapi ribet bawanya xixixi…

Kompor gas + nesting : yang dimaksud kompor khusus camping pastinya,juga peralatan masak sederhana untuk sekedar masak mie instan atau goreng-menggoreng.

Jaket dobel : bawa jaket 2pcs bro, karena malam hari menjelang pagi sangat ekstrim dinginnya.

Sarung tangan : yang full finger sekalian soalnya itu aja masih berasa gak pake sarung tangan sangking dinginnya.

Slayer/buff : udara yang sangat dingin lumayan bikin sakit di hidung dan serasa masuk ke kepala, pakai ini saat tidur lumayan membantu.

Kaus kaki : terutama dipakai pas malam hari sampai pagi, kelupaan gak pake siap-siap linu kedinginan.

Matras : ini juga harus meski tenda sudah ada alasnya, gak bakalan nyenyak tanpa matras karena kerasnya tanah sangat terasa.

Lampu senter : Tau sendiri gak ada lampu di hutan hehe…

Lanjut yang ketiga yakni perbekalan, nah karena gak sampai naik ke puncak semeru dan hanya satu malam saja maka perbekalan gak terlalu ekstrim kali ya meski mending dilebihi daripada kurang.. ini hutan brooo kagak ada yang jualan makanan…!!! Mau dijelasin satu-satu ntar kebanyakan mending Wong’s ambil saja yang memang “wajib” dibawa..

Air : ini yang paling boros Minimal 1 orang 1 botol kemasan 1,5liter air putih. Ditambah kalo bisa minuman manis di botol kecil. Jangan khawatir kekurangan karena di ranokumbolo danaunya merupakan sumber air bersih siap minum bisa diisi ulang untuk persiapan pulangnya.

Makanan yang mengenyangkan, seperti roti misalnya & jangan lupa makanan instan kalo gak mau repot (mie biasanya) juga cemilan. Untuk banyaknya perbekalan yang ingin dibawa silahkan dikira-kira sendiri, yang penting jangan sampe kelaparan disana, ditengah hutan broo… kagak ada minimarket apalagi lalapan bebek pedas :mrgreen:

Dan yang terpenting jangan lupa minta izin sama orang tua, minta di doakan agar pulang pergi lancar tanpa hambatan dan selamat sampai tujuan.

Tambahan: sangat disarankan jika baru pertama kali ke Ranokumbolo minimal dengan seorang teman/anggota yang sudah pernah kesana, kalau tidak ada sekalian sewa guide setempat sekalian. Ini diperlukan untuk menghitung estimasi waktu perjalan kita, penunjuk jalan, serta pemberi instruksi saat mendirikan tenda dan mengurusi segala perlengkapannya.

Oke untuk perjalanan kesana tunggu next artikel yah, kepanjangan ntar kalo semua dimuat disini… sampai jumpa :-D.
image

Iklan

2 thoughts on “Persiapan Trip to Ranokumbolo… (are you ready to the jungle???)

  1. arif dadot 06/10/2015 / 21:20

    Leeeh nembe publish wes arep mblakrak XD

    Arif Rakhman Professional English-Indonesian Translator Contact: WhatsApp 082143168889 BBM 553AA755 E-Mail arifnrakhman@gmail.com

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s